Sabtu, 07 Maret 2009

WAJAH PEREKONOMIAN WONOSOBO

Kalau kita jalan ke kota wonosobo, pas ditengah-tengah kota terdapat satu-satunya retail besar yang ada di wilayah kabupaten ini, bersebelahan persis terdapat pasar induk wonosobo yang merupakan nadi perekonomian masyarakat pribumi. ketika masuk dua pusat perekonomian tersebut nampak jelas perbedaanya, di supermarket terasa nyaman dan bebas untuk memilih dan membelanjakanya, pelayanannya pun memuaskan, kebersihanya dijamin.
Setelah masuk kesupermarket berjalan melalui tangga yang menghubungkan dua pusat perekonomian tersebut, suasana yang berbeda dari segala sisi pelayanan, nah disinilah yang menjadi keprihatinan saya sebagai putra daerah melihat fenomena ekonomi tersebut.
kita tahu bahwa super market pemiliknya jelas bukan warga wonosobo, akan tetapi ushannya tersebut mampu memonopoli pusat perekonomian, mengapa demikaian.............?
bukanya saya anti investor asing, kita akui bahwa keberadaan supermarket tersebut menampung tenaga kerja dan juga salah satu sumber pendapatan asli daerah wonosobo, akan tetapi kita tidak boleh dibutakan dengan hal tersebut yang akhirnya menimbulkan paradikma masyarakat seantero wonosobo bahwa perekonomian berpusat pada satu titik pusat perbelanjaan tersebut.

Kita sadari bahwa sistem perekonomian dipasar rakyat kalah modern, pasar pasar yang ada diwonosobo masih melekat pengertian bahwa pasar tersebut pasar tradisional, ini menjadikan perekonomian rakyat kalah bersaing dengan pasar moderen.
Agar perekonomian kita bisa berjalan seimbang pemerintah daerah merubah sistem perekonomian diwonosobo dengan konsep yang lebih modern dan kompetitif :
1. Merubah pasar tradisional menjadi pasar yang modern dengan konsep kerakyatan, maksudya kita tiru model pasar dan pelayanannya seperti pada pasar-pasar modern, akan tetapi para pedanganya tetap rakayat kita.
2. Para pedagang diberi pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dengan pengusaha dari luar
3. Pemberian pinjaman modal usaha yang lebih lunak dan mudah diakses dan bunga rendah, ini sangat menunjang kegiatan perekonomian

kalua perekonomian di wonosobo dapat berubah lebih baik, otomatis kesejahteraan masyarakat juga meningkat, pengaguran dapat ditampung dan pendapatan asli daerah bisa ditingklatkan.

1 komentar: