Selasa, 31 Maret 2009

MOBILISASI MASYARAKAT MISKIN DALAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN DESA

Dlam perencanan dan pelaksanaan pembangunan di desa masyarakat miskin seringkali bersifat apatis terhadap hal tersebut, hal ini bisa kita lihat pada perencanaan dan pengambilan keputusan dalam pelaksnaan program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat desa. sebagai bukti keikutsertaan masyarakat miskin dalam perencanaan PNPM maupun ADD masih sangat minim sehingga seringkali hasilnya berorientasi pada kepentingan elit desa bukan mengcover kepentingan masryarakat miskin.
Untuk itu dalam rangka menumbuhkan partisipasi masyarakat miskin perlu adanya mobilisasi mereka, berikan kesempatan kepada mereka untuk bicara dan menetukan pembangunan sesuai dengan aspirasinya. Langkah-langkah untuk memobilisasi mereka banyak hal yangbisa di lakukan, gagasan saya salah satunya sebagai berikut:
1. Ciptakan program yang melibatkan masyarakat miskin: hal ini juga telah tidak jauh beda dengan program PNPM secara sistemnya hanya saja semua pelaku harus tingkat bawah harus orang miskin sperti gagasan harus di ambil dari kelompok masyarakat miskin, peserta musyawarah juga orang miskin, pengambilan keputusan otomastis orang miskin. ketrlibatan kepala desa dan elit desa hanya saja sebatas memfasilitasi agar mereka yang miskin berperan aktif dalam menetukan kebijakanya
2. Dengan peran atifnya orang miskin mesti akan melahirkan keputusan yang bermuara pada kepentingan orang miskin, bukan kepentingan tokoh ataupun para elit desa.
3. Selain output dari pada program tersebut yang mengcover kepntingan masyarakat miskin, ini merupakan pendidikan danmobilisasi masyarakat miskin untuk berperan akatif dalam pembangunan dan pemberdayaan desa.

1 komentar:

  1. salam kenal pak agung pa kabar..... saya harus banyak belajar pada anda tentang bagaimana menulis di blog, ajari saya pak agung....? tolong kritik saya boss.... saya baru pertama bikin blog , ROBY IRWAN < spiritproperty.blogspot.com > www.rumah71.com. BEKASI < JABAR >

    BalasHapus